Mengagumkan… SMKN 1 Cirebon Bisa Buat Mobil

0-Metro-CSSMKN I Kota Cirebon kini boleh berbangga diri,  setelah berhasil menciptakan karya rakitan LCD TV, dan proyektor, kini sanggup membuat mobil wisata. Koordinator pengembangan program teknik otomotif, SMKN 1 Kota Cirebon, Edi Susianto mengatakan, sekolah merasa tertantang untuk membuat mobil wisata. “Kami tertantang untuk membuat, bukan merakit. Dengan bantuan dari Viar, kami kembangkan mobil wisata yang merupakan hasil karya para siswa,” katanya, Rabu (1/2).
Menurutnya, mobil wisata yang lebih condong mengacu kepada tempat dan area wisata ini dirancang khusus untuk di tempat wisata. Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki. Mobil hasil karya SMKN 1 Kota Cirebon ini, sudah memiliki beberapa pemesan.
“Kami memang rancang khusus untuk di tempat wisata. Dengan segala kelebihan yang ada. Saat ini sudah mulai ada yang melirik. Mobil ini pun punya kelebihan, seperti irit. Karena mesin yang digunakan adalah mesin motor dengan CC kecil yaitu 150 CC. Selain itu, karena kami ini sasarannya ke tempat wisata, maka tak perlu khawatir untuk masalah surat-surat perizinan. Lain halnya dengan mobil biasa,” paparnya.
Edi menjelaskan, meski saat ini mobil wisata belum diberi merek, tapi pihak sekolah tengah melakukan proses penyempurnaan sebelum dipasarkan. “Kalau untuk merek, kami belum tentukan namanya apa. Karena masih dalam proses penyempurnaan. Untuk uji coba, kami sudah lakukan uji coba dan siap menerima pesanan,” jelasnya.
Edi sudah melakukan perbincangan dengan pihak Dinas Pendidikan. Ia mendapat respons yang sangat baik terhadap hasil karya SMK Negeri 1 Cirebon ini. “Waktu itu saya sudah berbincang-bincang interpersonal dengan kadisdik. Beliau merespons sangat bagus. Malah, beliau mengusulkan agar kami membuat mobil pemadam kebakaran yang bisa masuk gang,” katanya.
Edi menambahkan, dirinya sudah mempunyai rencana untuk ke depannya tentang mobil wisata ini. “Rencana untuk mengembangkan program teknik otomotif di SMK Negeri 1 Cirebon sudah banyak. Yang utama ya ini, penyempurnaan dan pemasaran mobil wisata hasil karya siswa-siswa SMK Negeri 1 Cirebon,”.
Dream World Auto Work sebagai mitra SMKN 1 Kota Cirebon, dalam mengembangkan mobil, memperkirakan akan banyak tempat wisata yang memesan mobil ini. “Dengan kisaran harga antara Rp40-Rp50juta, kami tentunya yakin bahwa banyak tempat wisata yang akan memesan mobil wisata ini. Ditambah lagi, dengan keunggulan yang mobil wisata ini miliki,” kata Perwakilan Dream World Auto Work, Vinsentius Bambang Widjaja SH, melalui sambungan telepon.
Vincen menambahkan, pihak SMKN 1 akan merampungan mobil wisata pada tahun 2012 ini. “Kami tentunya harus siap untuk memasarkan mobil wisata di tahun ini. Sudah banyak tempat wisata yang melirik, karena lucu dan beda dari mobil-mobil lainnya,” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s